SMA Islam Athirah Bone Kembali Unjuk Gigi pada Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Bone--Pengumuman Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten tahun 2022 resmi dirilis pada Kamis, 18 Agustus 2022 sekitar pukul 15:30 WITA melalui laman ksm.kemenag.go.id. Rilis pengumuman tersebut sontak membuat pihak SMA Islam Athirah Bone merasa bangga, lantaran raihan siswa yang berhasil diraihnya.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kompetisi berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan wadah bagi siswa madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat di bidang sains dengan mengelaborasi konteks nilai-nilai Islam di dalamnya. 

Dari enam mata uji yang dikompetisikan pada ajang ini, delapan siswa SMA Islam Athirah melenggang ke tingkat Provinsi untuk bertarung memperebutkan tiket ke nasional. Adapun komposisi siswa yang berhasil lolos mewakili kabupaten Bone ke tingkat Provinsi adalah Andi Nurul Aqeela Amin (Juara 1 Matematika Terintegrasi), Nur Ainun (Juara 1 Biologi Terintegrasi), A. Ashila Butsainah (Juara 2 Biologi Terintegrasi), Nailah Zhafirah Ramadhani Batara (Juara 1 Fisika Terintegrasi), Siti Shofiyyah Isra Amri (Juara 2 Fisika Terintegrasi), Muh Fadhil (Juara 2 Geografi Terintegrasi), Amirah Dzighni Khairiyyah (Juara 3 Geografi Terintegrasi), dan Permatasari (Juara 1 Ekonomi Terintegrasi). 

Capaian ini tentulah tidak mudah, terlebih SMA Islam Athirah adalah satu-satunya sekolah di kabupaten Bone yang bukan merupakan sekolah madrasah dan ikut berpartisipasi pada kompetisi ini. Muatan tesnya adalah mengintegrasikan konsep keislaman dengan sains dan ilmu terapan dalam Islam seperti zakat, falak, dan lainnya.

"Alhamdulillah, pencapaian luar biasa yang diraih oleh SMA Islam Athirah Bone. Kebanyakan siswa kita bertengger di posisi pucuk. Semoga di tingkat provinsi nanti, bisa membuktikan kualitas diri dengan mendapatkan tiket ke nasional. Tahun lalu, bidang Fisika berhasil meraih medali perak di tingkat nasional. Semoga tahun ini prestasi ini bisa ditingkatkan.", ujar Basri, S.Si., S.Pd., Gr., M.Pd., selaku pembimbing Geografi yang berhasil meloloskan dua anak binaannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala SMA Islam Athirah Bone, Syamsul Bahri, S.Pd.I., M.Pd. Ia mengaku capaian ini patut disyukuri dan berharap hal ini menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk menorehkan prestasi dan mengharumkan nama sekolah, baik pada ajang lomba akademik maupun non akademik. (Rilis)